Indonesia Siapkan Nota Keberatan ke Malaysia

Pemerintah Indonesia menyiapkan sejumlah langkah untuk melindungi kebudayaan tradisi terkait pencatatan tarian Tor-Tor Mandailing dan Gondang Sambilan sebagian bagian dari keburayaan Malaysia beberapa waktu silam. Hingga kini, pemerintah Malaysia tetap belum memberikan pernyataan resmi dan tertulis seperti yang dijanjikan.
“Pemerintah Indonesia akan mengirimkan nota diplomasi keberatan atas pencantuman Tor-Tor dan Gondang Sambilan di dalam akta warisan kebangsaan Malaysia,” kata Wiendu Nuryanti, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Selasa (26/6). Pemerintah Indonesia melalui Wiendu sudah bertemu dengan duta besar Malaysia untuk Indonesia terkait masalah ini.

Kemudian disiapkan pula langkah jangka menengah, yakni menyiapkan perjanjian bilateral dan akan duduk bersama membahas kebudayaan yang terkait di kedua negara. Sementara di jangka panjang, bila dalam dua tahapan tersebut tidak bisa diselesaikan, maka masalah ini akan dibawas ke Mahkamah Internasional.

Ketiga tahapan yang ditempuh diharapkan akan bisa menyelesaikan masalah klaim atas apapun sehingga selesai dengan tuntas dan mempunyai dasar hukum jelas.(BOG)

About alch4rles

eternal forever
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment